Keajaiban Dunia di Salatiga

04Dec06

Akhir minggu kemarin aku pergi ke Salatiga. Mengisi acara workshop jurnalistik sekaligus jalan-jalan di jeda acara. Banyak hal menarik yang aku dapatkan. Salah satunya adalah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bukan Borobudur tentunya, karena ini keajaiban di bidang pendidikan.
Qoryah Toyyibah atau biasa disingkat Q-tha itulah keajaibannya. Terletak di kelurahan Kalibening kecamatan Tingkir kota Salatiga, Q-tha termasuk salah satu dari beberapa sekolah alternatif yang ada di dunia. Sekolahan lain terdapat di Perancis dan Jepang. Maka tidak mengherankan jika kita bertemu orang asing ketika berkunjung ke sana.
Sistem pendidikan yang diterapkan di Q-tha adalah pendidikan yang membebaskan. Pengajar tidak lagi memposisikan diri sebagai guru, tapi sebagai teman belajar. Siswa bisa memilih sendiri pelajaran yang disukainya. Siswa boleh keluar dari ruang kelas jika merasa capek atau tidak bisa menikmati penyampaian dari pengajar. Siswa boleh membayar suka rela dana pendidikannya.
Didirikan pada tahun 2003, Q-tha memposisikan diri sebagai sekolah komunitas. Bahrudin pendirinya ingin memberi alternatif di dunia pendidikan. Selama ini pendidikan lebih berorientasi pada ijazah, lembaga pendidikan berorientasi pada profit, dan biaya pendididkan sangat mahal. Sehingga esensi pembelajaran malah tidak tersentuh.
Siswa angkatan pertama SLTP Q-tha kurang dari 30 orang. Sekarang setelah 4 tahun, tercatat ratusan siswa yang belajar di SLTP dan SMA Q-tha. Memang jumlah yang tidak besar. Tapi telah banyak penghargaan yang diraih Q-tha, seperti penghargaan dari Universitas Sanata Darma Yogyakarta.
Yang menarik, meski tidak berorientasi pada ijazah dan tidak serius mengikuti UAN, beberapa siswa yang mengikuti UAN malah mendapat nilai tertinggi se-Salatiga. Itu baru dari nilai. Dari segi prestasi tercatat beberapa nama yang telah meraih penghargaan tingkat nasional. Salah satu nama adalah Fina. Dia meraih penghargaan untuk penulisan kreatif. Bahkan tulisan Fina dan beberapa teman, pernah dimuat di Harian Kompas.
Fina, cewek ini adalah salah satu keajaiban yang (mungkin) membuat Q-tha disebut sebagai keajaiban di dunia. Gadis yang wajahnya seolah mengeluarkan cahaya keindahan ini, tercatat sebagai siswa angkatan pertama di Q-tha. Cewek kelahiran tahun 1992 ini, sekarang duduk di kelas 1 SMA Q-tha. Beberapa novel telah lahir dari tangannya, bahkan dia telah dikontrak oleh salah satu penerbit di Jogja untuk menulis tiga novel sekaligus.
Selain Fina, ada banyak keajaiban lain di Q-tha. Seperti Maia teman satu kelas Fina, yang juga menulis novel. Ula, 12 tahun, kelas 1 SLTP yang cerdas, memiliki kemauan kuat untuk belajar, tidak pernah lelah meski hanya tidur 2 jam sehari. Wikan, Upik, Feni, Nita, Badrus, Indah, Sam, dan teman-teman lain yang tak cukup untuk disebut di sini. Mereka semua adalah harapan besar bagi bangsa ini.

Ket. Foto: Emi, salah seorang siswi SMA Q-tha yang mengikuti workshop jurnalistik, sedang serius mengitik berita.



97 Responses to “Keajaiban Dunia di Salatiga”

  1. aku kok gak diajak sih ke sala3 kan bisa sekalian pulang hiks hiks hiks, aku kelamaan gak di sala3 kali ya mpe sekolah kayak gini aja gak tau. ;P

  2. wow ..
    semoga mereka bisa jadi obat bagi bangsa kita yang sedang sakit ya..
    *sok seriyus*

  3. Waduh fotonya… ngeliatin monitor apa yg moto tuh ^^

    gw plg seneng nih sama2 sekolah2 kaya gini… berharap suatu saat bisa mendirikan salah satu sekolah seperti ini atau plg gak menjadi salah satu bagiannya

  4. wah… wah salut benar buat pengelola Q-tha.

    aku juga punya rencana pengen maen ke sana. maen aja. siapa tau ada yang menarik buat tulisan. o ya, sampeyan punya kontak pak bahrudin atau mungkin telpon sekolah itu?

  5. Salam buat Fina…seneng liat generasi muda seperti itu *sok tua nih*

  6. Acara Loenpia selanjutnya, pelatihan ke Q-tha!
    maksudnya kita yang dilatih!
    hehehe

  7. Ya, inilah sekolah yang sesungguhnya.

  8. 8 seengo_jennaca

    sayang aku dah gedhe, kalo aku maseh kecil pasti mama dan papaku nyekolahin ke sini……

  9. boleh magang ga ya?

  10. ndaftar yuukkk…
    hihihi

  11. 11 ricky

    Aku tidak setuju kalo dibilang Borobudur bukan salah satu keajaiban dunia. Kalo baca kompas 27 Nov 2006 yang lalu dengan headline “Posisi Borobudur Tetap Tak Akan Tergoyahkan”, seharusnya kita juga membantu agar Borobudur dapat terus dipertahankan sebagai warisan budaya yang diakui di Dunia. Kalo sekolah Q-Tha, aku setuju sih itu luar biasa, semoga banyak sekolah lain yang bisa niru metoda yang diterapkan.
    Sorry kalo oot.

    regards,
    ricky

  12. Ikut bangga dengan kemajuan kampung halaman.

  13. Ibu dan ayahku pernah ke Q-tha. Ibuku temen Om Bachrudin.
    Memang ayah ibuku bilang seharusnya begitu bila ingin bikin sekolah.
    Kapan2 aku main liburan ke sana ya

  14. sekolahnya sederhana, tp full spirit. Aku juga sering kesana soale ada temenku yg ngajar di skul itu. Bangga deh ada sekolahan kayak gini 🙂

  15. wuih ternyata bangsa ini punya juga harapan yang cerah untuk masa depan

  16. 16 chusnan

    saya sgt salut dgn ide revolusioner anda. kmrn da rmn2 saya yg dah maen kesana, namanya suwoko sama mas makin. rencana tmn2 yang kemarin ga’ ikut, pengen maen kesana.

  17. solotiga sesuai namanya Satu dan tiga / tunggal dan Tri. tiga dalam satu
    Tri tunggal. seperti air bisa menjadi 3 wujud yang berbeda, ketika cair disebut air, ketika menguap disebut gas ketika padat disebut es. bila diterapkan dalam sistem BM spt itu, menjadi interaksi yang menarik sama dengan sang Tritunggal sejati kita, ketika kita ingin belajar Dia menjadi Guru, Ketika kita mengeluh Dia menjadi teman Ketika kita meminta dia menjadi orang tua. so… jadikanlah Salatiga sebagai kota Tritunggal sejati dalam dunia pendidikan. Amin

  18. lupa…..:)

  19. coba lagi aahhh…

  20. aku orang salatiga lho…Q-tha tu sekolah internasional gitu….

  21. 21 enthik123

    ag juga org sltg,ag bangga sekali. salam damai tuk semuanya.

  22. 22 denny f.

    aku juga sama, orang salatiga. abis baca ini jadi kangen pengen pulang, aku bangga sekali dg adanya Q-tha, aku berharap Q-tha menjadi sekolah terkenal. aku juga mau ngenalin Q-tha ke tempat domisiliku sekarang (Jakarta). aku pengin ngenalin kota tercintaku salatiga ke keseluruh indonesia. aku kalo pulang ke salatiga selalu bawa temen yang belum tau salatiga, orang sunda, betawi, batak,padang, riau, flores, kalimantan, makassar, sorong, lampung…. masih banyak deh…. komentar mereka kotanya tenang terus, yang mereka kangeni adalah makanan kas salatiga. aku berharap salatiga suatu saat nanti akan terkenal entah dari pariwisata ato sekolah ato ada salah satu penduduk salatiga menjadi orang terkenal…….

  23. 23 lezta

    I’m Salatiga women but I don’t know that Salatiga have that school. btw I proud of this school and especially my Salatiga….Ca yoo!!!

  24. 24 andun

    sory postingnya belum saya baca….tapi aku bangga aja jadi orang salatiga..

  25. 25 lpmmissi

    Anak-anakku, cucu-cucuku nyampe cicit ku akan ku skolahkan di Q-Tha. +miv

  26. 26 ropilia

    minta websitenya dong

  27. 27 udin

    wah rasanya ak kangen ama tanah kelahiran ku niiih maklum d jepang temen nya sedikit aku kepingin kehidupan ku d kalibening kayak dulu lagi ,salam buat temen2 ku d kalibening arigatoo,semoga Q_tha semakin sukses amin.

  28. 28 sombo

    em, gimana caranya kenal Q-tha n khususnya sama Fina?

  29. wah bangga juga sbg org sala3,walau kota kecil tp py satu sekolah yang bisa dibanggakan di tengah berita di dunia pendidikan indonesia yang sedang carut-marut. ksh alamat websitemya Q-ta gak? blh nglamar jd guru di situ gak ya?

  30. 30 hapsye

    miris buat diriku sendiri

    karena sebagai orang salatiga i ga tahu apa itu Q-tha

    thx buat orang yang udah share soal Q-tha

  31. Saya dulu juga pernah berkunjung ke sekolah alternatif tersebut untuk sekedar bertukar pikiran dengan mas Bahrudin. Disitu bisa saya ambil hikmah, bahwa di sekolah tersebut, pendidikan bukanlah suatu keterpaksaan tapi lebih condong ke suatu kebutuhan. Itu yang tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan “anak bangsa” kita.

  32. SL3 githuuuu…
    The Best Donk!!!!

  33. kapan ya salatiga bisa jadi objek wisata pendidikan???

  34. SPPQT emang komunitas revolusioner, di bidang pendidikan apalagi. Sekadar info tambahan, sekarang juga udah dibuka Universitas Alternatif Qaryah Thayyibah di daerah Tingkir, Salatiga.

  35. I like to read ..
    aku wong solotiga, tapi kaga tau kemajuan solo3.tks buat yg posting artikel tsb. ngomong2 ada nggak sih komunitas wong solo3 di jakarta?

  36. Sepertinya sistem kurikulum pendidikan di bangsa ini perlu disesuaikan,..

  37. 38 Henrine Lintas

    Terima kasih..
    Pasti akan lahir banyak manusia yang bisa “hidup yang menghidupi”. Majulah terus Q-Tha!!!

  38. semoga yang lain bisa berkiblat ke Q-Tha, salam kenal dari kami di kebumen

  39. askum..wr wb…….?
    aku nurhadi n biasa di panggil ADI…..?aku asli anak salatiga tapi di pedesaan…
    aku bangga dengan kota saya,karna masih sejuk n alami banget mesti banyak perusahaan berdiri kayakya pengaruhya g terlalu besar….
    di kota salatiga aja hawanya dinggin apalagi ditempat saya huiiiiiiii…..iiiihhhhhhhhh dingggggiiiiiiiiiiiinnn…….
    aku adalah salah satu anak yang ingin maju di segala hal meski aku cma lulusan SMA tapi aku bangga dapat berkreatifitas di atas pendidikan ku…..
    kini aku kerja di sebuah perusahaan yang ada di semarang…..
    SALATIGA adalah RUMAH KU disana HARAPAN DAN IMPIANKU disana AKU KAN KEMBALI……?
    I L U DESAKU SALATIGA………………………………
    fs ku:eeeeedyyy_07@yahoo.com

  40. aduuu!!!!!!aku kangen banget sama teman-teman di tanah kelahiranku………….teman ketawa, teman ngintip, teman gosip, teman orang-orang tua, yang dulu sering menasehati ardi lho………!!!!!!!!!!!!???????????

  41. cinta sama kampung salatiga, rindu banget sama teman-teman,maklum di jepang gak ada teman-teman ngeten bareng, soalnya gak ngerti bahasanya, gitulhoooooooo…………!!!!!!!!!!!!!!!?????

  42. wah, keren banget tuh,,qt dari jogjakarta juga punya yang namanya Rumah pengetahuan Amartya (RPA),sekolah alternatif juga,,yang dipelopori oleh mas eko prasetyo dan kawan kawan gerakan di jogja. qt ada rencana nih, untuk silaturrahmi ke salatiga. tapi sampai sekarang belum ada kontak. bisakah bantu Qt dapat kontak pengurus sana? dan kalo diijinkan qt akan segera main ke QT di salatiga..

  43. 44 isdiyanto

    coba di indonesia ada banyak sekolah model seperti ini…
    salam kenal semuanya… klik: http://simpanglima.wordpress.com/

  44. askum………………………….
    pagi yang cerah mengantar aku tuk mengingat kotaq yang dingin…………….
    dan rasanya aku ingin segera pulang,
    gmn sohib semua punya kabar……….
    salam hangat but warga salatiga mari kita wujudkan salatiga yang asri,tentram,penuh kealamian dan yang pasti gak ketinggalan………………
    semangat prestasi tuk jadikan salatiga nan bersih dari polusi yang bikin kota mati…………………….SALATIGA…………
    SALATIGA tempat dari kealamian yang asri……

  45. Salut, saya orang salatiga asli juga gak tahu ada sekolah itu. Alamat lengkapnya dimana ya?

  46. 47 denny firmanto

    aku bangga, aku salut, aku kangen, aku rindu, ama salatiga

    aku selalu berdoa kepada tuhan yang maha kuasa yang diatas segala-segalanya, aku ingin sukses dimata tuhan dan mata manusia,
    harapanku, aku nanti kaya disalatiga akan aku bangun rumah panti jompo, rumah panti asuhan buat anak-anak, rumah sakit, sekolah (atau salah satunya Q-tha bisa aku membatu membesarkan) …..bantu doa ya teman2 dan aku percaya satu hari nanti doaku pasti di jawab AMIN

  47. 48 thole

    bravo salatiga.!!!!!!!!!!!!

  48. 49 Pray

    wah enak bnr ya bsa skul di sono…caba ada dr dlu mngkn sy bkal ksana….ya sy berhrap
    pemerintah dapat memperbanyak skolah seprti ini!!!!!
    saya yakin anak d indonesia byk yg menginginkan skolah yg sperti ini…
    pa.bahrudin anda memberikan warna d tanah air…

    Hebat…

  49. Salam dahsyat mas udin………….
    Salam Sukses Berat buat Q-Tha

    gmana UN Kemarin. saya berharap bgt Qtha ga sperti sekolah2 yang masuk TV.maksudnya krn kecuranganya bocorin Soal. Qtha harus menjadi garda paling depan. yoben ndeso tapi mentale jauh dari wong Kota amburadul. Kalo kpn2 main boleh ga ya..?.

    bagiq Qtha seperti setetes air di tengah Gurun Sahara. Q-Tha tak doain bsa menjadi school favorit se Indonesia. skrag ini aq prihatin sekolah fav. hanya kanggo wong sugih.contoh PH, TiaraBangsa, Al-Azhar, dll. yg kayaknya ga mungkin cah deso sekolah sana .la wong harga gabah turun kalo panen. harga pupuk naik waktu tanam. gtu aja sukses berat. ngomong2 SL-3 aq punya saran buat Wakikota. Jl. Jend.Sudirman dijadikan kawasan bebas kendaraan.khusus pejalan kaki.pasti yahood sperti di Australi.

    Pease N Love ( cah Ngablak Wetan )

  50. salatiga ya???adem ayem…tapi aku buosen,pengen cepet2 lulus and get the hell from here,sama kya mas katro,usul simple..mbok ya jam kali taman dibetulin,tu kan simbol kota salatiga, kliatan kalo warganya ga m’hargai waktu!!

  51. terserahlah yang bilang salatiga ngebosenin… bukan tanah airnya ini… yang penting aku yang asli salatiga ini selalu kangen sama kotaku dan tumpang koyornya… kapan ya aku bisa pulang lagi?

  52. 53 rara

    cayoo sl3 !!!, slt3 memang yg harus terbaik, in education,or of all. gk nyesel dech , ayo jln2 ksl3 of course you will be find a nice something.

  53. 54 Husain Nukman

    Setiap mo ke klbening saya selalu baca Q-Tha. Kemudian saya bertanya2 dalam hati, itu tempat apa? Setelah saya baca sekilas tentang Q-Tha, sementara terjawab sudah pertanyaan dalam hati itu. Perasaan bangga timbul dalam hati ini, dalam waktu dekat insyaAlloh kami sekeluarga akan jadi warga kalibening. Rumah yang akan kami tempati dekat dengan Q-Tha. InsyaAlloh, anak saya yang saat ini berumur 2 tahun akan saya perkenalkan dengan Q-Tha nantinya.
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1. Selain jenjang SLTP dan SMA, apa ada jenjang pendidikan lain di Q-Tha? saat ini ataupun nantinya?
    2. Bagaimana tentang kurikulumnya? Selain seperti sekolah umum lainnya, apa ada tambahan?
    Ok, terima kasih. dan selamat atas kesuksesan yang telah diraih dan smoga kesuksesan lain menunggu di depan dan barokah.
    Salam buat pengelola dan adik2 yang di Q-Tha.

  54. 55 syukron m

    bagus juga tu

  55. oooh Qoryah Thoyibah yooo…
    dulu sering banget maintenance disituw…. 🙂

  56. Salatiga tetep “HATI BERIMAN”,..emang X Bening sekarang maju. pa lagi ama yng namanya Yuli A….bikin kangen. ^_^ (genduknicole@yahoo.com)

  57. alo kaana kok u g’ prnh bls testi dr q dah lp ya ma q!!!

    hiks hiks hiks >….??

  58. 59 bhirink

    ajak2 lah klo jalan2!!!!!!!!!!!!!!salam knal

  59. 60 rusli

    salam kenal. aku mau minta foto tetntang qaryah toyibah anda g? hub. kirim aja ke email yulee_yogyakarta@yahoo.com thanks

  60. 61 Sofia

    aduh aq kagum juga mendgr disala3 ada sekolah yang seperti itu. asyik donk… boleh jg tuh..

  61. 62 Munajab

    Hai Q-Tha !!! (yg masih SMP & SMA)
    AKU menantang MU untuk mengadu ILMU mengenai “Wawasan Berbangsa & Bernegara” ditinjau dari Generasi Muda semasa 1966 , 1978, 1998, dan masa Sekarang 2008 dst nya
    (Aku sedang mengambil S3)

  62. 63 hendy rustandy

    boleh juga tuh sekolahan ,tapi sayang kalo pengajarnya juga membutuhkan suatu biaya mengurus keluarganya.apa bisa mereka menyeimbangkannya>>>>>>>>>>>

  63. Kawula Muda/i Magelang,

    Mohon info banyak hal pertapan bunda,
    (kalo nggak salah sekolah biarawati),
    aq mau study arsitekturnya, apa bener bangunan ini terdiri dari batu- batu gunung aja, ya poko’nya natural bangetlah.

    ok thank’s
    Arya/akar

  64. oiii

    ikutan dong

    yang coment kasih email dong biar bisa tuker pikiran

    [IMG]http://i318.photobucket.com/albums/mm408/han2410/what.jpg[/IMG]

    kapan2 mampir Q-tha yaw

    tak tunggu

  65. Jangan lupa buat warga salatiga, untuk mampir dan mengisi data di http://www.guyubabc.web.id. Suwun.

  66. new to me…baru tau ada sekolah ky gt.nice.ak jg ngajar dan emang belajar itu harus krn kebutuhan.kl belajar ga krn kbutuhan, ya kaya mhs2ku ini.pd nyontek pas tes,tugas pd copy-paste,datang telat,di kls clemang clemong,and the list goes on….dosen dan gurunya jg.malah ngajarin curang.anak nyontek didiemin,anak ujian malah dibocorin kunci jwbn…kpn bisa maju bgs ini?so sad…:(
    perhatian deh bt pemerintah,revisi tuh sistem pendidikan.gonta-ganti nama tok tp efektif jg kagak.payah..

  67. gw org salatiga nich kgn bgt am kota gw………

  68. gue suka banget ma kota ini. coz gue bisa ndapetin belahan jiwa gue di kota ini

  69. as…..saya mahu tanya. gimana caranya sekolah alternatif bisa ada disini ( kediri)

  70. oh….ya bilangin ma fina gar selalu berkarya yng produktif, munkin diya bisa ngangkat jangan yang berbau pesantrenan terus……nitip salam sama kang saltut yaaaaaaaaaaaaa

  71. Kereeeen…sukses buat Q-tha..

  72. 75 Riyan

    keren tuh…
    boleh tau gak letaknya dimana?
    tolong kirimin ke aku ya
    mana tau ntar da rezeki…

  73. 76 Riyan

    ternyata banyak juga ya anak salatiga…….

  74. 77 Dave

    Salatiga memang isthe best.Dave Batam

  75. 78 Dave

    Kawa, tolong banyak2 kirim donk banyak gallery salatiganya aku dah hampir 4 tahun gak pulang kampoeng.pleace kawan boleh kan all my friend aku dari X jaker kemiri angkatan 2005

    Thnks

    Dave

  76. Palatiga Penuh Pesona

  77. 80 lina

    Wah Q jd bangga mjd orang salatiga walaupun Q ga mjd anggotanya…..
    Pertama Q d critain 5 tmnQ ga prcya loh…ternyata bner2 Q-tha 2 kren bgt…
    he.he

  78. aku kangen sama salatiga………..? sudah tiga tahun nggak pulang kampung!!!!

  79. 82 romeo xaviera oropa

    aq orang papua bapaq orang papua mamiku asli salatiga gitu’ sekarang aq da di papua ne aq rindu salatiga’ salatiga bravo…………………………………. merdeka……………………………………. oromeoxaviera@yahoo.com

  80. 83 Fachrun nieza

    Sala3 5g isthe beast, tingkatkan teruz…ank2 sala3 semaaaaangaaaaT..***

  81. 84 Fachrun

    Bwat ank2 pndok darfa , tetap semangat key…
    Slam kgen bwat tmenq fatonah di wonosobo,( flobo )
    …yooohooo…
    (nieza2769@yahoo.com)

  82. oi, gw murid QT ga sengaja nemuin gambar emi di gambar google,,

    ternyata ada yang nulis ttg QT, salam kenal ajah..

    piss from me..
    salam perjuangan untuk belajar!!!

  83. gila bego bgt aq ya! aq asli org sltg tpi smpe g tau Q-tha.,,
    wah parah….! sukses bwt Q-tha,, naju trs kota salatiga..

  84. Salut … Walau begitu apakah tidak sebaiknya lulusannya juga diberi secarik kertas yang menegaskan untuk bisa dipakai sbg modal kerja karena tidak semuanya sebagai pencetak lapangan kerja to ?
    Saya prihatin melihat dunia pendidikan nampaknya mementingkan IQ, kebetulan kok ya masyarakat juga menuntut anak anaknya ber IQ tinggi, begitu pula dunia lapangan kerja, lupa kalau kelak justru EQ,SQ lah yang menjembatani hidup sehat lahir bathin di masyarakat maupun dunia kerja. Hidup SAMAWA lah …

  85. salatiga oh salatiga

  86. 89 gusti agung seger setio

    muka U jg unik,,knal dong????????

  87. Wow mantap. . .
    aku aja yang org Sala3, gak taw ada sekolah kaya gini. . .
    he3. . .
    Salut bwt Bloggernya. . .
    ^^

  88. 91 Kurnia

    Tepatny dmana ya? Coz q cri2 cm liat spandukny djaln2

  89. 92 Cquita Salon dan Spa

    salatiga emang oke, siiip

  90. pengelola sekolah skrang bnyk yg korup . Tata tertib siswa dikempor kemporin tapi tata tertib guru gak pernah disinggung huu

  91. adem ayem..
    kota penuh pesona.. mudah2an QT makin maju..

  92. 95 iwan stia

    Aku yg org asli situ kok baru tahu ya..

  93. I got this web site from my pal who informed me regarding this site and now
    this time I am visiting this site and reading very informative articles or reviews at this time.


  1. 1 Keajaiban Dunia di Salatiga « Ardikiki’s Blog

Leave a Reply

