Bermaafan Lewat SMS

02Nov06

Lima tahun yang lalu, jika menjelang lebaran, tidak hanya mal dan pusat perbelanjaan yang dipadati pengunjung. Tapi juga kantor pos. Orang-orang harus rela antri untuk mengirim kartu lebaran. Namun sejak lima tahun belakangan ini, sejak Hp sudah menjadi milik banyak orang. Fenomena padatnya kantor pos menjelang lebaran tidak kita jumpai lagi. Tapi ada fenomena lain yang tercipta, yaitu padatnya lalu lintas sms.
Ini menunjukkan bahwa tradisi bisa berubah seiring perkembangan teknologi. Bisa jadi beberapa tahun lagi, orang tidak mengucapkan maaf dan selamat lebaran lewat sms, tapi lewat e-mail. Ini tentu bukan sebuah masalah, karena esensinya tetap sama, yaitu mengucapkan maaf dan selamat lebaran.
Meski esensinya sama, mengucapkan maaf dan selamat lebaran. Tapi membaca sms lebaran selalu saja mengasikkan bagi penerimanya. Banyak sekali kata-kata kreatif yang tercipta dari sms lebaran. Kata-kata yang tidak kita jumpai di halaman sastra koran maupun majalah, tapi tidak kalah menarik dan tidak kalah kreatifnya.
Tapi tentu saja tidak semua sms lebaran berbau kreatifitas, banyak juga sms standar dengan cukup mengucap maaf dan selamat lebaran. Bisa jadi karena si pengirim sms adalah orang yang cukup sibuk jadi tidak cukup waktu untuk mencipta sms kreatif. Bisa juga itu adalah standar pergaulan, standar usia, atau mungkin ada pertimbangan lainnya dari si pengirim sms.
Ada juga yang sekedar copy paste dari sms yang diterima kemudian karena dirasa cukup bagus maka dikirim ke orang lain. Tentu saja orang lain itu dicari yang sekiranya tidak berkaitan dengan si pengirim asal sms. Tapi yang namanya jaring sosial itu tentu tidak bisa ditebak. Bisa jadi si pembuat awal sms menerima kembali sms yang dibuatnya sama persis dengan yang dikirimnya.
Berikut ini 10 dari beberapa sms yang masuk ke inbox aku. Bisa jadi itu adalah sms dari anda, bisa jadi sms yang aku terima sama persis sms yang anda terima. Tidak ada maksud apa-apa, hanya untuk berbagi ucap maaf dan selamat lebaran. Membuka maaf, melebur dosa…

Senja temaram iringi kepergian bulan suci. Terlewati tanpa kita akhiri seiring maghfirahnya. Taqobbalaallahu minna wa minkum Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin.
Dan, bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabb-mu dan kepada suga. Mohon maaf lahir dan batin.
Mungkin hatiku tak sebening XL dan tak secerah MENTARI, banyak salah dan dosaku. FREN ijinkanku memohon SIMPATImu utk mo memaafkan semua kekhilafanku agar BEBAS dari roaming dosa LOKAL & INTERNASIONAL darimu. Mari kita sambut lebaran ini dengan senyum… dan acungan JEMPOL…
Sebelum inboxmu penuh, sebelum pulsaku habis, sebelum sms susah terkirim, dan sebelum pulsa sms menjadi 299. I just wanna say minal aidzin fal faidzin mohon maaf lahir dan batin.
Tukang loenpia keliling kota. Loenpia laris pedagangnya kaya. Semakin manis ibadah kita. Dengan membuka maaf di hari raya. SELAMAT IDUL FITRI 1427 H. Mohon maaf lahir dan batin.
Selamat IDUL FITRI. Atas nama kata yang membuat LARA. Atas nama sikap yang meninggalkan KHILAF. Mohon dibukakan pintu maaf. MINAL AIDZIN WALFAIDZIN. Maaf lahir batin.
Waktu mengalir bagaikan air, ada luka yang pernah merebak, ada khilaf yang sempat terbuat, hdp ini jika ada maaf di antara sesama, mohon maaf lahir batin.
Terang hati, tenangkan jiwa. Salam fitri, suci di hari raya. Mohon maaf lahir dan batin.
Selamat idul fitri ya, mohon maaf lahir batin. Meskipun raga kita tidak bersua, tapi aku yakin hati kita akan saling memaafkan.
Jika saja manusia tak diberi kesempatan berbuat dosa, pastilah dunia ini takkan berwarna dan terlihat indah di hari raya.. met idul fitri.. mohon maaf lahir batin.



3 Responses to “Bermaafan Lewat SMS”

  1. Can anyone recommend me?
    I need an free sms service for my homepage.
    I am seeking one with the option to change the design(for a bit).
    Thanks a million!

  2. 2 cupiex lha kuno

    maafi aku jika aku telah berbuat salah

    ini smua karna khilaf..

    ku hanya manusia biasa yang tak luputdari kesalahan

    MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN,,,,,

    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN,,,,^_^

    by cupiex lha kuno

  3. Afternoon! I am new to these forums I hope this is the correct place to say hello.
    so yeah I just wanted to say hi http://www.homeinternetjobs.com.au/laptopsforkids.gif


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: