Mengalir Aja

17Oct06

Paling susah ketika ditanya, sekarang kerja di mana? Ini sama susahnya dengan ditanya, sekarang lagi pacaran dengan siapa? Kapan akan menikah?

Uuuhgt perlu berpikir keras untuk menjawab semua pertanyaan yang sederhana itu. Apalagi kalau orang yang bertanya memasang mimik serius. Tiga pertanyan di atas memang berbeda, tapi sangat terkait. Jika bisa menjawab pertanyaan pertama, tentu pertanyaan kedua dan ketiga akan mudah dijawab.

Sekarang kerja di mana? Jika pertanyaan itu ditujukan padaku tiga bulan yang lalu aku akan mudah menjawabnya. Oh, kerja di sini sebagai ini. Tapi tidak selalu mudah juga sih. Lebih dari lima kali aku pindah kerja, bahkan kadang dengan pekerjaan yang berbeda.

Sekarang rasanya, ngga pengen lagi bekerja pada orang lain. Untuk sementara sedang ingin mengeksplorasi diri. Jadi pemateri pelatihan, moderator seminar, menulis, tim kreatif, peneliti, aktif di LSM. Mengisi Kultum? Wah, kalau yang ini ngga deh. Pernah sih mendapat tawaran untuk mengisi di masjid kampungku. Tapi rasanya pemikiranku terlalu liar untuk memenuhi kenyamanan keberagamaan masyarakat awam.

Sekarang lagi pacaran dengan siapa? Kalau cewek yang dekat sih banyak, tapi kalau pacaran! Kasihan ceweknya deh. Mana ada sih cewek yang berani ambil risiko jalan bareng cowok yang masa depannya ngga pasti. Kasihan juga diriku kalau ditanya orang tua si cewek tentang pekerjaan. (loh, kok kembali ke masalah pekerjaan? Sudah kukatakan tiga pertanyaan di atas sangat berkaitan).

Kapan akan menikah? Pertanyaan ini memang masih jarang kudengar, tapi ada juga satu dua kali. Maklum sih umur sudah lewat seperempat abad. Kalau pertanyaan ini, mungkin agak mudah aku menjawabnya, asal jawab saja: umur 30 mungkin. Ah, apa sih pentingnya menikah?

Bagiku hidup itu sederhana. Asal ngga nyusahin orang lain tetep saja hidup, syukur kalau bisa membantu orang lain. Masalahnya banyak orang yang menganggap hidup tidak sesederhana anggapanku. Mungkin suatu saat aku juga akan berubah. Toh, hidup bagiku juga kemungkinan-kemungkinan.



One Response to “Mengalir Aja”

  1. kapan makan-makannyaaa?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: