Suatu Jarak

22Jun05

:catatan untuk bom yang masih meledak juga

Ada suatu jarak antara pertanyaan dan jawaban yang benar. Jarak itu bagiku adalah rasa. Karena ruang dan waktu yang berbeda pastilah memberi rasa yang berbeda. Sebelum mengenal filsafat aku sering bertanya tentang keberadaan. Dan ternyata Rene Descrates hingga Immanuel Khan telah menjawabnya.

Jawaban mereka benar dan logis, tapi ada sebuah jarak di dalamnya dengan ruang dan waktu yang melingkupiku sekarang. Karena itu kehadiran postmodern, kehadiran dekontruksi Derrida, sangat berarti buatku. Para filosof boleh memiliki jawaban benar (bukan kebenaran absolut) terhadap semua pertanyaan filsafat. Tapi aku juga punya hak untuk menafsirkan dan memberi rasa atas teks yang mereka tinggalkan, bahkan atas kitab suci sekalipun.

Agama adalah sesuatu yang public tapi juga suatu yang privat. Suatu yang public karena agama secara historis juga memberi harapan tentang angan sosial. Suatu yang privat karena agama bukanlah organisasi sosial dan cenderung menilai kesalehan pribadi seseorang dari dalam bukan dari luar.

Ada suatu jarak antara pertanyaan dan jawaban yang benar dalam agama. Dan setiap manusia punya hak untuk memikirkan, menafsirkan, dan memberi rasa. Itu lebih baik dari pada meninggalkannya. Dengan catatan: Tak ada kekerasan di dalamnya!



One Response to “Suatu Jarak”

  1. 1 akhlis

    weleh2…sound serious.reminding me of my philosophy lecture years ago.aku belum makan,jd pening baca artikel ini.btw,kayaknya ada mistyping.bukan “Khan” tapi “Kant” deh…Emang immanuel semarga ama Genghis Khan…gak donk…
    it’s an inspiring article,though….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: