Karena Bagiku Kau adalah Puisi

10Dec04

Kita bertemu karena sebuah puisi
Yang kau baca pada sebuah malam yang dihiasi bunyi rintik gerimis

Saat air matamu mengalir
Menetes pada lembar kertas puisi yang kau baca
Semua tatapan mata berlahan mengikuti aliran air mata di wajahmu
Entah apa yang mereka pikirkan
Karena waktu itu aku tak sempat berpikir
Aku biarkan imajinasiku mengembara bersama bait-bait puisi yang kau baca
Terbang dan kemudian hinggap di antara sorot dua matamu
Dan aku mencoba untuk mencari makna di dalamnya

Makna yang hingga kini aku belum menemukannya
Meski ku telah menanyakan itu padamu, dalam setiap pertemuan
karena kau tak pernah menjawabnya
Kau lebih suka berbicara tentang rutinitas harianmu
Di rumah
Kuliah
Di rumah lagi
Dan kuliah lagi

Hingga kemudian aku bertanya pada diriku sendiri
Untuk apa air mata dalam pembacaan puisi itu?
Apakah itu hanya sebuah akting
Seperti sinetron yang sering kau jadikan teman untuk menghabiskan harimu

Ah, air mata itu betapa sia-sianya

Tapi, aku tak akan pernah percaya dengan itu
Kau adalah manusia terbaik yang pernah kutemui
Kau pula yang membuatku percaya bahwa di bumi ini masih ada “kehidupan”

Atau mungkin aku tak pernah melihat sangkar emas yang mengurungmu
Yang menjauhkanmu dari kesempurnaanmu sebagai manusia
Jika itu benar?
Maka aku telah menemukan jawaban
Tatapanmu
Adalah tatapan manusia di sangkar emas

Akankah sebuah kisah terulang lagi
Saat adam dan hawa keluar dari sangkar emas
Dan memilih untuk menjadi manusia
Di bumi ini

Andai saja kau ingin tau
Kenapa adam dan hawa memilih keluar dari surga
Kau pasti akan keluar dari sangkar emasmu itu

Dan aku hanya bisa berharap
Kau memiliki jawaban yang lebih baik dari masa lalu
Karena bagiku kau adalah puisi



One Response to “Karena Bagiku Kau adalah Puisi”

  1. 1 PeeWee

    Kasih tak sampai, hiks


Leave a Reply

